Sunday, January 1, 2017

Invers Matriks

     Invers itu apaan sih? yang namanya invers itu bisa diartikan dengan kebalikan, nah masih inget gak bedanya kebalikan sama lawan? kalo kebalikan itu jika dikalikan hasilnya adalah satu: misal 2 kebalikannya 1/2, sedangkan kalau lawan, jika dijumlahkan hasilnya nol: misal 2 lawannya -2. Nah jadi invers matriks atau kebalikan matriks itu adalah matriks yang dikalikan dengan matriks kebalikannya hasilnya akan menjadi matriks satuan atau matriks identitas. Masih inget kan matriks identitas? cek disini kalo lupa! Nah, invers matriks juga punya syarat yaitu determinan`matriks yang akan dicari inversnya tidak boleh sama dengan nol karena kalo determinan matriks sama dengan nol matriks tersebut gak punya invers atau sering disebut matriks singular.
     Secara Umum cara mencari matriks invers A adalah

     Dengan det(A) adalah determinan matriks A dan adj(A) adalah adjoint dari A yang besarnya adalah tranpos dari matriks minor kofaktor dari A. Untuk nyari matriks minor kofaktor bisa dilihat disini.
     Nah, aplikasi dalam invers matriks ini dapat digunakan sebagai penyelesaian dari SPL. Jika suatu SPL diubah kematriks, maka penyelesaian SPL dapat diketahui secara langsung:

sumber:
Cecep Anwar: Matematika Aplikasi SMA IPA XII

No comments :

Post a Comment